BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 27 April 2010

my neighbor totoro


My Neighbor Totoro (1988), mungkin salah satu film klasik Hayao Mizaki dan Studio Ghibli yang paling memberi dampak terapis bagi penontonnya. Begitu tenang , damai , menghibur dan menggiring penonton ke masa kanak-kanak yang akrab dengan dunia fantasi.

Dua gadis muda, Satsuki dan Mei, pindah ke suatu daerah bersama ayah mereka . Tak lama kemudian gadis-gadis kecil itu bertemu beberapa makhluk yang disebut agak aneh, yang di sebut Totoro. Bentuk fisiknya seperti kombinasi kelinci dan beruang. Tentu saja, makhluk aneh ini hanya dapat dilihat oleh anak-anak. Interaksi antara gadis kecil dan mahluk Totoro ini seperti taman bermain dan mainan baru. Bagaimana anak kecil mengidentifikasi sesuatu yang asing bahkan janggal dengan interpretasi mereka. Berbeda dengan orang dewasa yang penuh kecurigaan. Saya merasa digiring ke masa kanak-kanak dan tidak jauh sama sekali , seperti di halaman belakang rumah dimana saya lalu lalang setiap hari , dalam keseharian. Sinematografi, kualitas animasi, dan efek suara benar-benar meningkatkan suasana pedesaan dan membuatnya menjadi hidup.

Totoro menawarkan suatu hiburan kontemplatif ketimbang film dengan genre serupa yang menawarkan kepahlawanan kosong , dunia-dunia robot , ahli-ahli sihir dan hiburan lain yang membenamkan anak-anak kepada kedangkalan . Layu sebelum waktunya.Financial Times memberikan bobot tinggi pada film Totoro ini . Menilainya sebagai suatu yang original ketimbang Mickey Mouse .

Musik di garap oleh Joe Hisashi yang sudah berpengalaman mengisi lagu tema film. Terakhir saya mendengar karyanya dalam film fenomenal lainnya , Departure, yang belum lama ini di putar dalam Jiffest 2009.

Totoro membawa dampak perkembangan dunia animasi Jepang di masa berikutnya. Juga mengantar Hayao Mizaki ke taraf prestise dan mendunia dalam dunia film. Salah satu filmnya , Spirited Away , menyabet penghargaan Academy Award untuk The Best Animation. Karakter Totoro yang fenomenal ini akan menjadi lambang Studio Ghibli di masa berikutnya. Karakter Totoro juga muncul dalam Toy Story 3.

[ditulis oleh shinmen takezo]

0 komentar kamu: